PERANAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TABANAN

  • verling anggrita dimu IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, Peranan

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan. Kendala yang di hadapi Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan mencari Solusi terhadap kendala yang di hadapi Guru Dalam meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Penelitian ini Menggunakan metode Penelitian Deskriptif, yaitu Metode Penelitian yang bertujuan untuk Menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang di teliti secara tepat, berdasarkan hasil data yang di kumpulkan dalam penelitian ini, Peneliti Menggunakan Peneliti Menggunakan Penelitian deskriptif self-report di mana peneliti melakukan observasi secara langsung, yang itu individu yang di teliti di kunjungi dan di lihat kegiatannya dalam situasi yang alami, sehingga nanti yang di harapkan memperoleh informasi yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan dari penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII, Guru di kelas VIII, dan Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Tabanan Kabupaten Tabann , sedangkan untuk Pelaksanaan penelitian selama 2 bulan terhitung mulai dari bulan mei sampai bulan juni 2020 Hasil obsevasi dan wawancara terhadap Guru di Kelas VIII dan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tabanan dapat Tahapan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan pada siswanya : 1) Memberikan Pembinaan Rutin setiap pagi dari jam 07.15sampai dengan 07.30, 2) Melakukan Persembahyangan Bersama, 3) Membiasakan Pola 5s yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun. Nilai Kedisiplinan siswa yang di perankan oleh tenaga Guru Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan Kabupten Tabanan berhasil dengan Baik, di tandai dengan hasil Penilalan Kedisiplinan Siswanya berkembang sangat baik. Meskipun Demikian ada kendala yang di hadapi Guru di kelas VIII Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswanya, yaitu masih kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya Kedisiplinan dan kurang dalam hal disiplin di sekolah.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to determine the discipline of VIII grade students of SMP Negeri 2 Tabanan. Obstacles faced by the Teacher in Improving Student Discipline and looking for Solutions to the obstacles faced by the Teacher in improving Student Discipline. This research uses descriptive research method, which is a research method that aims to describe systematically the facts and characteristics of objects or subjects that are examined precisely, based on the results of data collected in this study, researchers use researchers to use descriptive self-report research in which researchers make direct observations, for which the individuals examined are visited and seen in their activities in natural situations, so that later they are expected to obtain information in accordance with the problems and objectives of the study. The subjects of this study were students of class VIII, teachers in class VIII, and school principals in SMP Negeri 2 Tabanan, Tabann regency, while for the implementation of the research for 2 months from May to June 2020 the results of observation and interviews with teachers in Class VIII and the Principal of Tabanan Public Middle School 2 can Stages in Improving Discipline to their students: 1) Providing Routine Coaching every morning from 07.15 to 07.30, 2) Conducting Common Worship, 3) Familiarizing the Pattern of 5s namely Smiles, Greetings, Greetings, Polite and Polite . Student Disciplinary Value played by Teachers In Class VIII Students of SMP Negeri 2 Tabanan, Tabanan Regency succeeded well, marked by the results of Student Disciplinary Assessment the students developed very well. Despite this there are obstacles faced by teachers in class VIII in improving student discipline, namely the lack of student awareness of the importance of discipline and lack of discipline in school.

Published
2020-12-16