UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENERAPKAN METODE KONSTRUKTIVISTIK SISWA KELAS VII E SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Silvya Dewi IKIP Saraswati
  • I Made Suparta
  • I Wayan Soper
Keywords: Kata Kunci : Menulis, Teks Prosedur, Metode Konstruktivistik

Abstract

Abstract

 

         One of the four language skills that need to get more serious attention the writing skills because writing is a fairly complex language skill. The purpose of this study is to contribute thoughts / opinions in order to improve the ability to write procedures for students of class VII E State Junior High School 3 Tabanan in the academic year 2019/2020. This research is a classroom action research study consisting of two cycles with 37 students. The data collection methods used are the observation method and the test method. The observation method is used to get data about students' attitudes and behavior. The test method is used to determine the ability of students to write procedure texts. The results showed that the ability to write a procedure text for eighth grade students at Tabanan Middle School 3 Tabanan in the academic year 2019/2020 after applying the constructivist method had increased. This is evidenced in the pre-cycle average value of 58.10 increased in the first cycle to 69.45. The increase from pre-cycle to cycle I was 19.53%. The increase from cycle I to cycle II was 17.52%. In the second cycle all students have completed (100%) with an average value of 81.62. The increase in the score is a sign that the ability to write text procedures for students of class VII E Public Middle School 3 Tabanan 2019/2020 school year is getting better after applying the constructivist method. Thus, it is recommended for Indonesian language teachers to apply constructivist methods in learning activities because it has been proven that the application of constructivistic methods can improve student abilities.

 

Keywords: Writing, Procedure Text, Constructivistic Method

 

Abstrak

  

Salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius adalah keterampilan menulis karena menulis merupakan keterampilan berbahasa yang cukup kompleks. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran/pendapat dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur  siswa kelas VII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa 37 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan perilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur  siswa kelas VII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 setelah menerapkan metode konstruktivistik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 58,10 meningkat disiklus I menjadi 69,45. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 19,53%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,52%. Pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata 81,62. Peningkatan skor tersebut merupakan tanda bahwa kemampuan menulis teks prosedur  siswa kelas VII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020  semakin baik setelah menerapkan metode konstruktivistik. Dengan demikian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan metode konstruktivistik dalam kegiatan belajar pembelajaran karena telah terbukti bahwa penerapan metode konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan siswa.

 

Kata Kunci : Menulis, Teks Prosedur, Metode Konstruktivistik

Published
2020-12-16