PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 TABANAN

  • dominggus dara mone IKIP Saraswati
Keywords: Kata Kunci : Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Motivasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan di SMPN Negeri 3 Tabanan: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa SMPN 3 Tabanan; (2) peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar SMPN 3 Tabanan; (3) hambatan-hambatan guru dalam meningkatkan motivasi belajar SMPN 3 Tabanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/menarik kesimpulan.

Hasil penelitian adalah: (1) motivasi belajar siswa SMPN 3 Tabanan pada materi IPS dapat di bilang masih kurang termotivasi ini dapat di lihat ketika awal pembelajaran masih banyak siswa yang belum siap dalam melaksanakan kegiatan belajar, serta masih ada siswa yang bercanda di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung, dan di lihat dari absensi siswa banyak yang tidak masuk sekolah.(2) peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar di SMPN 3 Tabanan  memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang mampu memenuhi tugas, mengajar dengan gaya yang menarik dan lucu, menggunakan metode diskusi atau tanya jawab, serta menggunakan media atau alat pembelajaran yang menyenangkan seperti lcd proyektor, internet.(3) hambatan meningkatkan motivasi di SMPN 3 Tabanan.

 

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe in Tabanan SMPN 3 Public Schools: (1) How is the motivation for learning of Tabanan 3 Junior High School students; (2) the role of social studies teachers in increasing motivation to study at SMPN 3 Tabanan; (3) teacher barriers in increasing motivation to study at SMPN 3 Tabanan. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Data analysis uses descriptive qualitative analysis techniques through data collection, data reduction, data presentation, and data verification / drawing conclusions.

The results of the study are: (1) the learning motivation of students of SMPN 3 Tabanan on social studies material can be said that they are still not motivated. This can be seen when beginning learning there are still many students who are not ready to carry out learning activities, and there are still students who joke in class when learning takes place, and seen from the absenteeism of many students who do not go to school. (2) the role of social studies teachers in increasing motivation to learn at SMPN 3 Tabanan gives prizes or praise to students who are able to fulfill assignments, teach in an interesting and funny style, using methods discussion or question and answer, as well as using fun media or learning tools such as LCD projectors, the internet. (3) obstacles increase motivation in SMPN 3 Tabanan.

Published
2020-12-16