MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH PENGGUNAAN KATA KETERANGAN SISWA KELAS VII E SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TABANAN

  • i gede erik gunawan IKIP saraswati
  • ni made sueni
  • ni putu karmini
Keywords: Kata Kunci : Menulis, kata keterangan pada teks prosedur, Metode Inkuiri

Abstract

Peningkatan kemampuan siswa dalam menelaah penggunaan kata keterangan pada teks prosedur. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan prilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menelaah penggunaan kata keterangan pada teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menelaah penggunaan kata keterangan pada teks prosedur siswa kelas VII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan  Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah  menerapkan metode inkuiri mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada ketuntasan siswa yang diperoleh pada prasiklus yaitu 21,73% dengan nilai rata-rata yaitu 65,21, siklus I siswa tuntas dengan persentase 72,97% dengan nilai rata-rata yaitu 71,30. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 27,30%, pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata yaitu 88,26. Peningkatan skor tersebut merupakan tanda bahwa kemampuan menelaah penggunaan kata keterangan pada teks prosedur siswa kelas VII E Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan  Tahun Pelajaran 2019/2020 semakin baik setelah menerapkan metode inkuiri dengan rentan 16,96. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan metode inkuiri kemampuan siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan metode inkuiri dalam kegiatan belajar pembelajaran karena telah terbukti bahwa penerapan metode inkuiri dapat menigkatkan kemampuan siswa.

 

 

Published
2020-12-16