PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs. AL-AMIN

  • margareta sartini IKIP Saraswati
Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Meningkatkan Prestasi

Abstract

 

Sehubungan dengan hal ini yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B di MTs AL-Amin Tabanan tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan dalam belajar IPS minimal 70% keatasPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan angket. Obyek  penelitian disini ialah siswa kelas VIII Di MTs.AL-Amin Tabanan. Strategi menghapal yang di tempuh peneliti betul–betul efektif, dengan strategi menghafal ini peneliti mengajak siswa untuk menggali informasi sebanyak banyaknya tentang materi sebagi objek laporan sehingga pemahaman/penguasaan topik makin di miliki siswa. Selain itu, pernyataan-pernyataan yang di rancang oleh peneliti sedemikian rupa telah mampu mengiring siswa untuk menentukan pokok-pokok peristiwa pada materi yang nantinya digunakan sebagai pedoman bagi sswa ketika melakukan untuk kerja di depan kelas. Dengan menghapal baik pernyataan dari sumber peneliti atau dari siswa telah membuat siswa aktif dan bergairah belajar. Ini berarti pembelajaran yang di kelola peneliti oleh mencerminkan pembelajaran berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagaimana di katakan bahwa banyak factor yang menjadi penentu mutu lulusan, salah satunya adalah bagaimana peneliti membelajarkan siswa

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Meningkatkan Prestasi

 

ABSTRACT

 

In this connection the subject of research in this study were students of class VIII B at MTs AL-Amin Tabanan in the academic year 2019/2020. This research is said to be successful if students achieve mastery in learning social studies of at least 70% and above. This research uses a quantitative research approach using field research, namely by conducting data collection techniques in the form of observations and questionnaires. The research object here is students of class VIII at MTs.AL-Amin Tabanan The memorization strategy that is undertaken by the researcher is really effective, with this memorization strategy the researcher invites students to explore as much information about the material as the object of the report so that students have greater understanding of the topic mastery. In addition, statements designed by researchers in such a way have been able to lead students to determine the main points of events in the material that will be used as a guide for students when doing work in front of the class. Memorizing both statements from research sources or from students has made students active and passionate about learning. This means that the learning managed by the researcher reflects CTL-based learning (Contextual Teaching and Learning) as said that many factors determine the quality of graduates, one of which is how researchers study students

 

Keywords: Contextual Learning, Improving Achievement

Published
2020-12-16