MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VIID SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN

  • I Gusti Made Juliarta IKIP Saraswati
  • I Made Suparta
  • I Wayan Subaker
Keywords: mengidentifikasi, cerita fantasi, discovery learning

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif tentang upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks cerita fantasi dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes sebagai metode utama. Setelah data terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks cerita fantasi dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020 mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 70,83, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,50. Peningkatan tersebut merupakan tanda bahwa metode discovery learning sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi teks cerita fantasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks cerita fantasi dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan terus mengalami peningkatan. Jika hal ini dikaitkan dengan hipotesis tindakan di depan maka hipotesis tindakan tersebut dapat diterima karena terbukti kebenarannya. Disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan metode discovery learning dalam pembelajaran karena telah terbukti melalui metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Published
2020-12-16